Indonesia Impor Alutsista Terbanyak di Dunia

September 21, 20210Tips dan Trik

Indonesia-Impor-Alutsista-Terbanyak-di-Dunia.jpg

Indonesia Impor Alutsista Terbanyak di Dunia

September 21, 2021 0Tips dan Trik

Sebagai sebuah negara besar yang berdaulat, memiliki aset pertahanan militer yang kuat adalah salah satu hal terpenting. Tidak terkecuali bagi Negara Indonesia yang tercatat berada di urutan ke-16 sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat berdasarkan pemeringkatan global firepower. Hal ini tidak mengherankan karena Indonesia juga tercatat sebagai salah satu negara dengan impor alutsista terbanyak di dunia.

Luasnya wilayah negara dan banyaknya penduduk Indonesia tentunya membutuhkan kekuatan militer untuk mengayomi dan melindungi kedaulatan negara. Impor alutsista Indonesia menjadi hal yang masih perlu dilakukan untuk mencukup kebutuhan alutsista dalam negeri karena memerlukan pertimbangan dari berbagai segi seperti teknologi, spesifikasi, dan kapasitas industri dalam negeri.

Fluktuasi Mengimpor Alutsista Indonesia

Meskipun termasuk dalam 10 negara terbesar yang mengimpor alutsista, nilai Import komoditas alat militer Indonesia tiap tahunnya juga mengalami fluktuasi. Berdasarkan data konversi ekspor import alutsista dari situs Stocholm International Peace Research Institute (SIPRI) yang menghadirkan transfer sumber daya militer dengan istilah TIV/Trend Indicator Value.

Hasil data konversi tersebut menyebutkan bahwa impor alutsista Indonesia adalah 19.538 juta TIV dan begitu timpang dengan data konversi ekspor alutsista yang hanya mencapai 490 juta TIV.

Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa 97,5 % alutsista Indonesia berasal dari luar negeri. Selain itu, laporan dari Bank Dunia dan SIPRI nenyebutkan bahwa nilai import produk ini, Indonesia naik 24,42% secara year-on-year (yoy) pada tahun 2020 . Dengan nilai import sebesar US$ 270 juta yang di rupiahkan sekitar Rp3,9 triliun.

Selama lima tahun terakhir, nilai import produk alutsista di Indonesia memang cenderung naik turun tidak menentu. Pada tahun 2016 nilai impor senjata ini mencapai US$ 377 juta. Tahun berikutnya, 2017 melambung naik hingga mencapai US$ 1,171 juta.

Lalu pada tahun 2018, nilai impor komoditas militer ini terjun bebas menjadi US$ 329. Selanjutnya pada 2019 nilai impor mencapai titik terendah yaitu senilai US$ 217 juta. Meskipun pada tahun 2020, tercatat nilai impor mengalami kenaikan pada tahun yang sama Presiden Jokowi juga telah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi import dari alutsista terlebih dahulu.

Hal ini sejalan dengan keadaan yang masih dalam masa pandemi. Mengingat pada bulan Maret 2020, Data dari Badan Pusat Statistik menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan impor senjata secara drastis.

Sejarah Fluktuasi Impor Alutsista Indonesia

Menjadi salah satu negara dengan nilai import dari alutsista terbanyak telah tersematkan di Negara Indonesia sejak tahun 1958. Setelah tiga belas tahun merdeka, Indonesia telah masuk ke daftar negara yang banyak mengimpor alat-alat militer untuk mempertahankan kedaulatannya.

Pada tahun 1960, di masa Demokrasi Terpimpin saat Soekarno menjadi Presiden Pertama Republik Indonesia nilai impor produk ini mulai kian menanjak. Kemudian beberapa puluh tahun setelahnya menurun. Hingga kembali melonjak saat masa Reformasi di tahun 2003. Setelah itu kembali turun dan naik kembali di tahun 2013-2014 masa akhir pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Negara Pemasok Alutsista Indonesia

Indonesia membeli peralatan dan perlengkapan militer dari berbagai negara karena mencerminkan sikap politik gerakan non blok. Namun Indonesia memiliki negara-negara terpercaya yang menjadi pemasok utama import alutsista periode 2012-2016 yaitu Amerika Serikat, Rusia, Inggris, China, Korea Selatan, dan Jerman.

Kemudian pada tahun 2019, komoditas senjata Indonesia di import dari Belanda, Amerika Serikat, dan Italia. Bahkan pada 2020 tahun lalu, pemerintah sempat menggegerkan publik dengan melakukan import alutsista dari Israel dengan total belanja senilai US$ 1,32 juta atau sekitar Rp18,48 miliar.

Dengan volume impor mencapai 2.674 kg atau 2,67 ton. Senjata yang di impor dari Israel tersebut berupa senjata artileri seperti senapan, mortir, dan meriam howitzer. Kemudian suku cadang dan aksesori revolver dan pistol heading.

Impor Alutsista Tahun 2021

Pada tahun ini, Pemerintah Indonesia berencana mengimpor alutsista termutakhir untuk melengkapi koleksi TNI AU. Alutsista yang akan diimpor tersebut berupa pesawat tempur F-15 EX produksi Dassault Aviation Perancis, pesawat tanpa awak, pesawat multi-role tanker transport, dan pesawat angkut C-130J.

Demikian rangkuman singkat mengenai perjalanan impor alutsista negara Republik Indonesia. Banyak tidaknya impor senjata sangat mempengaruhi kekuatan militer negara. Mengingat Indonesia belum cukup mampu memenuhi permintaan pasokan alutsista di negara sendiri, maka masih mengandalkan impor untuk produk alutsista.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Ruko Crown Golf, Jl. Marina Raya No. 9, RT. 6 / RW. 2. Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, 14470
Whatsapp: 08116068389

China Warehouse

Guangzhou
Guangzhou City, Distict Baiyun Road/Street: Xiahua 2nd Road, Hujie Street, No. 1011, Shijingcang, Henghesha Postal Code: 510000 Guangdong Province

China Warehouse

YiWu
我司收货地址:浙江省义乌市江东街道东山头村5幢1号负1楼
联系电话/Lian xi dian hua: 15355378182 18042200189
联系人/Lian xi ren: 仓库
(注:送货前一天必须与仓库联系,确认后方可送货到仓库)

×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa kami bantu?