Dokumen Permintaan Ekspor Barang yang Harus disiapkan Sebelum Ekspor

October 23, 20210Tips dan Trik

Dokumen-Permintaan-Ekspor-Barang-yang-Harus-disiapkan-Sebelum-Ekspor.jpg

Dokumen Permintaan Ekspor Barang yang Harus disiapkan Sebelum Ekspor

October 23, 2021 0Tips dan Trik

Sebelum Anda melakukan ekspor, penuhi beberapa dokumen permintaan ekspor barang agar proses ekspor Anda disetujui dan berjalan lancar. Dokumen-dokumen tersebut nantinya dikirim ke importir agar barang bisa segera mereka ambil di pelabuhan.

Daftar Dokumen Permintaan Ekspor Barang

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan dokumen permintaan ekspor barang? Adalah beberapa jenis dokumen yang harus kita sediakan supaya bisa melakukan ekspor. Keberadaannya penting untuk importir atau untuk memenuhi persyaratan agar barang bisa keluar dari negara kita dan memenuhi syarat agar barang bisa masuk ke negara tujuan. Selaku eksportir (orang yang ekspor barang), kita harus menyediakan dokumen ini supaya pelanggan Anda (importir) bisa menunggu paket kita sampai di rumahnya dengan selamat.

Dokumen ini terbagi menjadi 2: dokumen utama dan dokumen tambahan. Di dalam 2 kategori tersebut, masih ada dokumen-dokumen yang lain. Lebih jelasnya simak daftarnya di bawah ini:

#1: Dokumen Utama

Dokumen utama bersifat wajib, bukan optional. Jadi penuhi semua dokumen-dokumen berikut agar Anda bisa melakukan ekspor:

  • Invoice atau Faktur atau Nota

Adalah dokumen yang berfungsi sebagai bukti transaksi atau catatan tagihan yang dibuat oleh eksportir untuk importir. Pada setiap invoice atau faktur, harus ada elemen-elemen ini: nomor dan tanggal invoice, nama barang, harga barang, total harga, nama eksportir, alamat eksportir, dan keterangan rekening pembayaran.

Dokumen invoice yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ekspor, terbagi dalam 3 jenis: Proforma Invoice, Commercial Invoice dan Consular Invoice.

  • Packing List

Adalah dokumen yang berisi rincian spesifikasi dari barang yang dibeli sesuai dengan invoice (dokumen bukti transaksi). Fungsi dari dokumen ini bisa memudahkan mengetahui isi barang yang ada di kontainer saat ada pemeriksaan nanti. Kedudukannya hampir mirip dengan surat jalan yang biasa digunakan saat melakukan pengiriman barang di Indonesia.

  • Bill of Lading (B/L)

Adalah dokumen yang memuat bukti pengiriman barang atau tanda terima yang dibuat oleh eksportir. Dokumen ini dikeluarkan setelah barang berangkat dengan kapal dari Indonesia.

  • Polis Asuransi

Keberadaan dokumen ini bisa meminimalisir kerugian bagi eksportir maupun importir. Polis Asuransi bertindak sebagai surat bukti penanggungan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dalam menjamin keselamatan barang yang Anda kirim.

  • PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang)

Surat ini dibuat oleh eksportir untuk nantinya diberikan ke kantor Bea Cukai. Bila tidak paham mengenai dokumen ini, Anda bisa meminta forwarder untuk mewakili Anda.

Jika Anda tertarik mengurus dokumen ini sendiri, Anda bisa langsung datang ke kantor Bea dan Cukai, informasikan barang yang akan Anda ekspor, lantas lengkapi PEB dengan memasukkan informasi nama dan alamat eksportir, nama dan alamat importir, HS Code produk, nilai invoice, pelabuhan asal dan pelabuhan tujuan.

  • Shipping Instruction (SI)

Adalah dokumen yang dibuat oleh eksportir yang nantinya diberikan kepada forwarder. Fungsi dokumen ini untuk melakukan booking pada kontainer dan booking ruangan pada transportasi pengangkutan. Dokumen ini bisa dikirim lewat email.

 

#2. Dokumen Tambahan

Dokumen permintaan ekspor barang berikutnya ada dokumen tambahan. Ia berguna sebagai pendukung dari dokumen utama. Biasanya dokumen yang kita sediakan disesuaikan berdasarkan permintaan dari importir atau menyesuaikan regulasi negara tujuan. Dokumen-dokumen ini tidak selalu dibutuhkan untuk melakukan ekspor, karena kita di sini menyesuaikan saja. Meski begitu, dokumen tambahan tetap wajib ada agar proses ekspor berjalan lancar.

  • Certificate of Origin (COD)

Atau disebut sebagai Surat Keterangan Asal (SKA), dokumen ini bisa menjadi penerangan bahwa barang yang diekspor berasal dari Indonesia. Dokumen ini dapat memberikan kita keringanan bea masuk, bahkan sampai 0%, tapi kembali lagi kepada jenis produk yang Anda kirim.

  • Certificate of Analysis (COA)

Adalah dokumen yang berisi hasil analisis dari produk yang diekspor. Dokumen ini kebanyakan dibutuhkan untuk produk hasil industri kimia atau hasil pertanian.

  • Phytosanitary Certificate (Sertifikat Fitosanitari)

Adalah dokumen yang harus Anda sertakan apabila barang yang Anda kirim sejenis produk pertanian, hewan, ikan, rempah-rempah, buah-buahan dan sebagainya. Dengan keberadaan sertifikat Fitosanitari, produk yang Anda kirim bisa memperoleh jaminan bebas dari kuman, penyakit, bakteri, dan jamur.

  • Fumigation Certificate (Sertifikat Fumigasi)

Dokumen tambahan yang Anda perlukan selanjutnya adalah dokumen sertifikat fumigasi yang berisi tentang keterangan barang yang Anda ekspor selesai difumigasi  sesuai dengan standar yang berlaku. Fumigasi bertujuan mengamankan barang dari hama dan rayap saat proses pengiriman. Tidak semua barang harus difumigasi, tergantung jenis barang apa yang Anda kirim, serta apakah importir membutuhkan dokumen itu atau tidak.

  • Veterinary Certificate (Sertifikat Veteriner)

Adalah dokumen yang memberikan keamanan kepada importir atas barang yang Anda kirim. Sertifikat bukti barang yang Anda ekspor aman sampai tujuan, kebanyakan dipakai untuk proses pengiriman barang jenis pangan dan non-pangan asal hewan.

Baca Juga : Intip 5 Peluang Usaha Digital Untuk Para Pejuang Bisnis

Sebenarnya masih ada banyan dokumen permintaan ekspor barang tambahan yang lain. Tinggal menyesuaikan bagaimana keinginan dari importir ataupun regulasi peraturan barang ekspor yang masuk pada negara tujuan Anda.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us

Ruko Crown Golf, Jl. Marina Raya No. 9, RT. 6 / RW. 2. Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, 14470
Whatsapp: 08116068389

China Warehouse

Guangzhou
Guangzhou City, Distict Baiyun Road/Street: Xiahua 2nd Road, Hujie Street, No. 1011, Shijingcang, Henghesha Postal Code: 510000 Guangdong Province

China Warehouse

YiWu
我司收货地址:浙江省义乌市江东街道东山头村5幢1号负1楼
联系电话/Lian xi dian hua: 15355378182 18042200189
联系人/Lian xi ren: 仓库
(注:送货前一天必须与仓库联系,确认后方可送货到仓库)

×

Powered by WhatsApp Chat

× Ada yang bisa kami bantu?